5 Sektor Ini Bakal Jadi Primadona Indsutri 4.0 di Indonesia



Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menetapkan 5 sektor industri yang akan jadi prioritas dalam peta jalan atau road map penerapan industri 4.0 di Indonesia. Ke 5 sektor tersebut diklaim paling besar menyumbang terhadap Produs Domestik Bruto (PDB) nasional.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengungkapkan sektor industri tersebut adalah makanan dan minuman, kimia, tekstil, elektronika dan otomotif.

“5 sektor inilah merupakan penyumbang hampir 65 persen di PDB dan 50 persen penyerapan tenaga kerja sehingga jika kita garap bersama-sama tentunya ini akan mentrigger (memicu) pertumbuhan ekonomi kita lebih signifikan,” kata dia dalam acara Workshop Pendalaman Kebijakan Industri, di Padang, Selasa (8/10).

Oleh karena itu, dia mengajak semua kementerian dan lembaga terkait juga ikut serta mengimplementasikan road map industri 4.0. Sebab penerapan industri 4.0 dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di semua sektor, khususnya bidang industri.

“Harus tersosialisasikan sehingga semua sektor, semua kementerian dapat mendukung 4.0 yang selama ini kita kumandangkan,” ujarnya.

“Peta jalan diharapkan dapat mewujudkan tujuan Indonesia dimana aspirasi kita di akhir 2020 bisa menjadi 10 negara terbesar di dunia. Kita bisa meningkatkan satu sampai dua persen pertumbuhan ekonomi kita,” dia menambahkan.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2019-10-08 11:46:01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »