6 Asupan yang Lebih Tinggi Kalsium daripada Segelas Susu



Jakarta – Segelas susu, baik susu rendah lemak atau tanpa lemak memiliki sekitar 300 mg kalsium. Padahal asupan kalsium yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI, rata-rata orang dewasa membutuhkan kalsium sebanyak 1000-1200 mg per hari.

Kalsium merupakan jenis mineral yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika asupannya kurang maka tulang akan mudah keropos dan rentan terkena osteoporosis.

Selain susu, banyak kok asupan lain yang lebih tinggi kalsium daripada segelas susu. Berikut diantaranya dikutip detikHealth dari berbagai sumber.

1. Salmon

Salmon memiliki nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Tapi siapa sangka, salmon segar memiliki lebih banyak kalsium daripada yang kamu bayangkan. Seporsi salmon segar atau sekitar 170 gram mengandung kurang lebih 350 mg kalsium.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah sumber kalsium yang baik terutama sayur seperti bayam, sawi, bok choy, lobak, dan kangkung. Dua cangkir lobak hijau mengandung sekitar 394 mg kalsium.

Jika tidak suka memakan sayuran ini, coba untuk mencampurkannya ke dalam roti isi atau berkreasi dengan masakanmu.

3. Tahu

Seporsi tahu akan memberimu 861 mg kalsium! Memasak tahu dengan beberapa sayuran hijau tentu akan menambah jumlah kalsiumnya. Konsumsi tahu terbaik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian adalah di siang atau malam hari.

4. Almond

Dari semua kacang-kacangan, almond termasuk yang memiliki kandungan kalsium tertinggi. Sepertiga cangkir almond mengandung 320 mg kalsium. Almond juga menganding serat, magnesium dan protein.

Mengonsumsi kacang almond dapat membantu menurunkan tekanan darah, lemak tubuh, dan faktor risiko lain untuk penyakit metabolisme.

5. Buah ara

Kalau kamu ingin sesuatu yang manis untuk mendapatkan dosis kalsium harian, makan buah ara kering. Satu gelas buah ara mengandung 320 mg kalsium. Buah ini juga memiliki lebih banyak kalsium dibanding buah kering lainnya.

6. Biji wijen

Biji-bijian ini mengandung banyak sekali kalsium. Dalam 100 gram biji wijen memiliki sekitar 631 kalsium yang berarti dua kali lipat daripada segelas susu. Biar lebih nikmat, tambahkan biji wijen dalam masakan atau pada smoothie dan yogurt.

(kna/up)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2019-04-13 12:00:59

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *