Antisipasi Lonjakan Trafik Lebaran, XL Perkuat Jaringan di Daerah


JawaPos.com – Trafik jaringan jelang momen Idul Fitri 1441 Hijriah diklaim telah dipersiapkan dengan baik oleh XL Axiata. Operator yang digawangi oleh Dian Siswarini itu mengklaim telah memperkuat jaringan di beberapa daerah yang diprediksi lonjakan trafiknya tinggi.

Plt Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, kepada awak media melalui jumpa pers secara virtual pada Senin (18/5) menyatakan, beberapa daerah atau spot terutama di Jawa Tengah sudah diperkuat. “Ada beberapa daerah terutama di Jawa Tengah yang kita perkuat dan ada juga model BTS yang kita gelar di beberapa tempat,” ujar Gede.

Meski pemerintah sudah melarang kegiatan pulang kampung atau mudik Lebaran tahun ini, Gede memprediksi tetap ada peningkatan tren lonjakan trafik saat momen Lebaran. Hal tersebut melihat pada kecenderungan lonjakan trafik saat kebijakan Work From Home (WFH) mulai diterapkan.

“Di momen seperti saat ini, Covid-19 dan Ramadan dan Lebaran sudah kita mix. Kita juga sekaligus memasukkan faktor Ramadan atau Lebaran di dalamnya. Jadi satu kesatuan project atau satu kesatuan timeline,” imbuh Gede.

XL Axiata juga mengaku telah mengantisipasi jumlah orang-orang yang tetap nekat dan curi start pulang kampung. Gede menambahkan, penambahan dalam jaringan di beberapa wilayah tersebut untuk memastikan kapasitas jaringan cukup memadai telah dilakukan.

Tidak hanya itu, seperti setiap tahun menjelang Lebaran, XL juga melakukan uji jaringan di sejumlah tempat, seperti tol, pelabuhan dan beberapa masjid. “Ini juga sudah kami lakukan karena ini adalah program Lebaran dari tahun ke tahun. Bedanya adalah kita antisipasi juga mereka mudik lebih cepat jauh dari lebaran yang sebenarnya,” ujar Gede.

“Apapun yang kita siapkan kemarin, pada saat di awal-awal WFH atau Covid-19, itu sudah mengcover beberapa bagian dari proyek-proyek terkait Lebaran,” tandas Gede.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *