Bebas Dari Masalah Paha, Ginting Optimistis Hadapi Denmark Open


JawaPos.com-Penampilan Anthony Sinisuka Ginting masih belum konsisten pada BWF World Tour 2019. Sempat mencapai final China Open, pemain 23 tahun itu sudah tumbang pada babak kedua Korea Open.

Sepanjang 2019, Ginting berhasil menembus tiga final. Sebelum di China Open, pemain nomor delapan dunia itu sukses mencapai partai puncak Singapore Open dan Australian Open. Namun, tiga-tiganya gagal dia tuntaskan menjadi juara.

Saat ini, Ginting tengah bersiap menghadapi turnamen penting berlevel Super 750, Denmark Open 2019. Berbagai aspek teknik dan nonteknik terus dia matangkan. Secara khusus, Ginting menyebutkan ingin lebih mempertajam fokusnya di lapangan.

”Melihat evaluasi pertandingan sebelumnya, saya harus bisa lebih menjaga fokusnya. Karena sering kali ketika leading atau poinnya tipis, masalah fokus cukup berpengaruh buat saya. Selain itu saya juga harus bisa cepat antisipasi strategi kalau misalnya lawan sudah bisa membaca permainan saya. Harus lebih konsisten juga,” katanya.

Persiapan fisik juga tak luput dari perhatian Ginting. Apalagi, dia sempat mengalami gangguan paha pada Korea Open 2019. Saat itu dia tumbang dari pemain Denmark Jan O Jorgensen pada babak kedua.

’’Persiapannya mulai dari selesai China Open dan Korea Open, kurang lebih punya waktu dua minggu. Kemarin saya lebih memulihkan kondisi kendala di paha setelah main di China dan Korea Open. Saya sudah konsultasi ke dokter dan fisioterapis. Sekarang sudah membaik. Persiapan kemarin sudah cukup, tinggal menjaga fokusnya di lapangan nanti,” jelas Ginting.

’’Menurut dokter kemarin karena ada gerakan yang over saja di lapangan. Karena kalau di lapangan kan suka nggak sadar mau ambil bola ke mana saja, jadi mungkin suka ada gerakan yang over. Tapi secara keseluruhan semua baik-baik saja,” tambah atlet asal klub SGS PLN Bandung tersebut.

Pada babak pertama, Ginting akan berhadapan dengan Prannoy Haseena Sunil Kumar asal India. Head-to-head keduanya sejauh ini imbang 1-1. Namun pada pertemuan terakhir di Japan Open 2018, Ginting berhasil menang.

’’Pemain India bisa dibilang cukup ulet. Meskipun nggak semua tipenya sama, tapi paling menonjol adalah uletnya. Jadi otomatis saya harus lebih siap di lapangan. Karena mereka nggak gampang mati dan nggak gampang juga dimatikan,” sebut Ginting.

Kalau lolos ke babak kedua, Ginting akan berhadapan dengan pemenang antara pemain tuan rumah Hans-Kristian Vittinghus atau Tommy Sugiarto. Denmark Open 2019 akan berlangsung pada 15-20 Oktober di Odense Sports Park, Denmark.

Skuad Indonesia di Denmark Open 2019
Tunggal putra: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Tommy Sugiarto
Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung, Fitriani
Ganda putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
Ganda putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Ganda campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *