Berada dalam Posisi Terjepit, Kualifikasi Maraton Dipercepat 3 Bulan


JawaPos.com – Badan Atletik Dunia mengumumkan bahwa agenda kualifikasi Olimpiade Tokyo untuk maraton dan jalan cepat bisa dimulai lagi. Tepatnya pada 1 September atau tiga bulan lebih awal dari pengumuman sebelumnya.

Namun kualifikasi untuk semua cabang olahraga atletik untuk Olimpiade Tokyo tahun depan tetap ditunda sampai 30 November. Itu sesuai dengan rencana awal. Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe mengatakan perubahan itu diperlukan untuk atlet lintasan karena kurangnya peluang kualifikasi.

“Sebagian besar agenda maraton utama telah dibatalkan atau ditunda untuk sisa tahun ini. Dan perkembangan pandemi menyulitkan prediksi apakah penjadwalan untuk paruh pertama tahun depan dapat dilaksanakan atau tidak,” kata Coe seperti dikutip dari Reuters.

Fase kualifikasi atletik ditunda sejak awal April karena pandemi virus korona baru. Inilah yang menyebabkan Olimpiade ditunda selama satu tahun hingga Juli sampai Agustus tahun depan.

“Situasi itu, dikombinasikan dengan fakta bahwa ketahanan atlet maraton dan jalan cepat hanya dihasilkan secara terbatas dalam agenda satu tahun. Jadi ini akan sangat mempersempit kesempatan kualifikasi,” tambah Coe.

London Marathon yang akan berlangsung pada 4 Oktober bisa menjadi salah satu ajang untuk kualifikasi. Panitia juga berkoordinasi dengan penyelenggara maraton Abu Dhabi (11 Desember) untuk menjadikan ajang itu sebagai kualifikasi lainnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Gugun Gumilar, Antara





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »