Berapa Jumlah Cangkir Kopi yang Boleh Diminum Pasien Diabetes?


JawaPos.com – Minum kopi bisa membangkitkan mood menjadi lebih baik. Karena itu, minum kopi sering dilakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Bagi seseorang punya riwayat penyakit kronik seperti diabetes, tentunya harus memperhatikan setiap asupan yang dikonsumsi termasuk kopi.

Dalam laman Mayo Clinic disebutkan rata-rata orang dewasa Amerika Serikat mengonsumsi sekitar dua cangkir 8 ons (474 ​​mililiter) kopi sehari, yang dapat mengandung sekitar 280 miligram kafein. Bagi kebanyakan orang dewasa muda dan sehat, kafein tampaknya tidak memengaruhi kadar gula darah (glukosa). Sehingga konsumsi hingga 400 miligram (lebih dari 2 cangkir) sehari cukup aman.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi, berkafein dan tanpa kafein, sebenarnya dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Namun, jika sudah menderita diabetes, dampak kafein terhadap insulin bisa memicu kadar gula darah yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Maka berapa baiknya batasannya?

Untuk beberapa orang dengan diabetes, sekitar 200 miligram kafein atau setara dengan 1 hingga 2 cangkir 8 ons (237 hingga 474 mililiter) kopi tidak masalah. Asalkan jangan ditambah pemanis lagi.

Kafein mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Begitupun pasien diabetes orang per orang pasti berbeda.

Kepada JawaPos.com, Selasa (31/12), Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengatakan pasien diabetes boleh minum kopi. Tak ada larangan bagi pasien diabetes untuk minun kopi.

“Boleh, tidak ada masalah kopi dengan diabetes,” kata dr. Ari.

Meski begitu ada beberapa catatan yang harus diperhatikan. Pasien diabetes tersebut boleh minum kopi asal tidak punya penyakit penyerta.

“Yamg penting pasien DM (Diabetes Melitus) tersebut tidak menderita sakit maag, hipertensi atau sakit jantung. Kalau tak punya penyakit itu, 200 miligram (setara 3 cangkir), tak masalah,” katanya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *