Bisakah Leukemia Seperti yang Diidap Dian Pramana Poetra Dicegah?



Jakarta – Saat mengetahui dirinya mengidap kanker darah atau leukemia, musikus Dian Pramana Poetra sudah memasuki tahap stadium empat. Ia pun harus menyerah pada penyakit itu pada Kamis (27/12).

Bisakah penyakit leukemia dicegah sebelumnya? Di laman American Cancer Society, leukemia pada orang dewasa terutama yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti menghindari rokok, olahraga, dan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Sedangkan pada anak-anak, sayangnya belum ada metode yang terbukti ampuh untuk mencegah leukemia secara langsung. Tapi mungkin bisa mengurangi risiko dengan menghindari paparan zat-zat berbahaya yang kerap kita temui sehari-hari.


Dikutip dari Verywell Health, paparan benzena, peptisida, dan radon begitu besar bisa memengaruhi tubuh meningkatkan risiko terkena leukemia.

1. Benzena

Paparan yang paling terkait dengan leukemia adalah benzena. Benzena adalah bahan kimia yang ditemukan di banyak produk seperti cat, noda kayu, pernis, beberapa plastik, produk pembersih, dan asap kendaraan bermotor.

Risiko terpapar bahan kimia ini selama kehamilan dikaitkan dengan leukemia pada anaknya nanti. Untuk menghindarinya, pastikan membaca dengan cermat label pada setiap prooduk.

2. Formaldehida

Bahan kimia ini juga dikaitkan dengan peningkatan risiko leukemia. Formaldehide biasanya ditemukan di produk kayu, penyegar udara, dan pelapis. Biasanya penggunaan bahan ini ada jumlah maksimumnya, namun kita juga harus tetap menyadari dan menghindari produk-produk yang mengandung bahan kimia ini.

3. Peptisida

Paparan peptisida juga dikaitkan dengan risiko leukemia pada anak-anak dan orang dewasa. Beberapa penelitian menemukan risiko pada anak-anak meningkat tujuh kali lipat jika terpapar bahan kimia ini.

Peptisida biasanya ada di produk-produk berkebun, seperti pupuk dan pembunuh hama. Bagi yang suka berkebun, cermatlah dalam memilih produk yang bebas dari peptisida.

4. Radon

Di Amerika Serikat, radon disebut sebagai penyebab utama kedua kanker paru dan beberapa penelitian menunjukkan perannya dalam meningkatkan risiko leukemia meskipun hubungannya tidak pasti.

Radon adalah produk pemecahan uranium yang ditemukan di bebatuan dan tanah. Gasnya tidak berbau dan tidak berwarna. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah rumah kita aman dari radon atau tidak adalah dengan melakukan pengujian radon.

(wdw/up)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-28 10:00:15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *