Cara Dapat Informasi Bebas Hoax saat Tangani Penyakit



Jakarta – Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh We Are Social yang bekerja sama dengan Hootsuite menyebutkan ada 130 juta orang Indonesia aktif di media sosial per Januari 2018.

Salah satu informasi yang bisa didapatkan dengan cepat adalah soal kesehatan. Kendati demikian, menurut pakar dan ahli kesehatan jangan cepat mempercayai informasi kesehatan karena bisa fatal akibatnya. Berikut langkah tepat mencari informasi kesehatan di internet.

Pastikan Situs atau Aplikasi Kredibel


Langkah pertama adalah pastikan situs atau aplikasi kredibel. Caranya dengan melihat informasi yang diberikan di situs atau aplikasi tersebut. Mulai dari penulis artikel atau pemberi saran, jurnal rujukan atau sumber penelitian, dan izin resmi.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) periode 2018-2021, dr. Daeng M Faqih, SH, MH mengungkapkan untuk memastikan situs atau aplikasi tersebut kredibel, cari tahu izin resmi dari pemerintah terlebih dahulu.

Cari Tahu Profil Ahli Kesehatan yang Memberikan Saran

Pastikan ahli kesehatan yang memberikan saran benar-benar terpercaya. Jika regulasi tentang izin belum ada, dr. Daeng menyarankan melihat profil ahli kesehatan terkait.

“Cara lain dengan cara masyarakat harus memilih aplikasi yang menyediakan dokter dengan profil dokter yang lengkap seperti keterangan tentang Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP), serta sertifikat-sertifikat keahlian atau pelatihan yang diikuti,” ujar dr. Daeng kepada detikHealth, Sabtu (29/12/2018).

dr. Daeng turut mengungkapkan bahwa kini ada beberapa orang yang mengaku dokter atau menulis tulisan tentang medis di internet, tapi bukan ditulis oleh dokter.

“Ikatan Dokter Indonesia menyebutnya dengan istilah dokteroid, seseorang yang bukan dokter tapi bertindak seperti dokter dengan mendiagnosis penyakit dan memberikan saran penanganan penyakit. Maka penting untuk memastikan situs atau aplikasi kredibel serta siapa yang memberikan saran atau menulis artikel,” katanya.

Cek Ulang Kebenaran dengan Konsultasi ke Faskes

Ketika seseorang sering mendapatkan informasi melalui internet, tak jarang mereka langsung menerka-nerka penyakitnya sendiri. Padahal, sebaiknya cek ulang informasi tersebut kepada dokter yang bersangkutan di fasilitas kesehatan.

Selain itu, bersikap kritis juga terhadap apa yang didapatkan dari internet dengan berkonsultasi ke ahli kesehatan.

Studi Harvard Medical Systems mengungkapkan pasien yang mendiagnosis penyakitnya sendiri dengan mengandalkan informasi di internet, sering melakukan penguluran waktu. Akibatnya, nyawa seseorang bisa terancam karena tidak mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat. (mul/ega)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-30 10:57:02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *