Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai



Konsumsi Air Putih

Pada kondisi usus yang dehidrasi dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan sembelit. Kondisi ini akan berujung dengan penumpukan racun di dalam usus besar. Untuk itu, pastikan kamu selalu teratur minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Kamu juga bisa menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis sebagai penambah rasa. Tetapi pastikan kamu tidak memiliki masalah pada lambung dan kamu memang suka dengan rasanya.

Konsumsi Aneka Macam Teh

Selain air putih, cara membersihkan usu kotor adalah dengan mengonsumsi teh juga bisa membuang racun dari tubuh. Khususnya apabila kamu menginsumsi teh hijau yang dikenal kaya akan antioksidan dan mampu meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkan usus.

Selain itu, ada juga yogurt dan kefir yang merupakan salah satu produk difermentasi yang mengandung oligosaccharides untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi Buah-buahan

Selanjutnya, cara membersihkan usus kotor bisa dengan mengonsumsi aneka buah-buahan. Ya, buah kaya akan nutrisi memang sangat bermanfaat bagi tubuh kamu. Ada beberapa buah yang dapat membersihkan usus, seperti:

– Lemon: memiliki kandungan vitamin C yang sangat kaya dengan antioksidannya yang tinggi. Kedua senyawa ini mampu menetralisir racun dan membuat tubuh segera mengeluarkannya.

– Alpukat: buah ini sangat kaya akan omega-3 yang bermanfaat untuk mencegah perkembangan racun di dinding usus sehingga semua sisa makanan dapat luruh.

– Apel: buah ini memiliki sifat menenangkan, antiinflamasi, dan kaya serat. Terutama jika kamu memakan dengan kulitnya, yang kaya akan pectin dan antioksidan.

– Pisang: pada buah ini mengandung antacid alami yang mampu menjaga kotoran dan racun yang menempel di usus. Pisang kaya akan kalium, mineral penting untuk usus dan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan potasium pada pisang mampu meningkatkan pencernaan dan mengurangi rasa sakit serta peradangan yang terkait dengan diare dan masalah lainnya.

Konsumsi Sayur-sayuran

Cara membersihkan usus kotor selanjutnya adalah dengan mengonsumsi aneka sayur-sayuran. Jenis sayuran seperti brokoli, kangkung, dan kol memiliki tekstur yang kaya akan serat dan dapat membantu membersihkan usus dari racun serta kotoran yang menempel di dinding usus.

Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang membantu melindungi diri dari racun. Untuk menjaga kandungan nutirisinya agar tidak hilang, kamu disarankan untuk memasak sayur dengan cara direbus. Apabila kamu ingin menumisnya, gunakanlah minyak zaitun agar dapat menambah nutrisinya.

 



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2019-08-23 13:15:13

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *