Cegah Penyebaran Covid-19 di Warung


JawaPos.com – Penyebaran virus pandemi Covid-19 memukul tatanan sosial dan ekonomi masyarakat, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Padahal, jika usaha kecil yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia terimbas, sudah bisa dipastikan ekonomi akan turut goyah.

Direktur Urusan Komersial dan Pengembangan Bisnis PT HM Sampoerna Tbk Henny Susanto mengatakan, kini hampir seluruh sektor usaha terkena dampak Covid-19, takk terkecuali masyarakat yang menjalankan usaha toko kelontong.

“Di tengah ancaman penularan virus Korona dan penurunan daya beli masyarakat, mereka harus tetap berjualan demi mendapatkan penghasilan namun harus berjibaku menjalankan protokol kesehatan. Padahal, untuk melaksanakan protokol tersebut butuh fasilitas dan biaya tambahan,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (22/5).

Sehingga, pihaknya memberikan berbagai dukungan dan bantuan kepada UMKM melalui lebih dari 120 ribu toko kelontong tradisional yang tergabung di Sampoerna Retail Community (SRC) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya sekedar memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan, pihaknya membagikan 650 ribu masker kain dan lebih dari 80 ribu liter cairan antiseptik tangan sebagai upaya dalam memastikan para pelaku UMKM yang merupakan pemilik toko kelontong tetap dapat menjalankan usaha seraya menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Selain itu, juga dibuat pembatas kasir, pembuatan fasilitas cuci tangan serta pengaturan jarak antrean di setiap anggotanya. Dengan bantuan ini, para anggota SRC dapat terus menjalankan kegiatan usaha dengan tetap melakukan upaya optimal untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Sampai saat ini, Sampoerna telah mengucurkan dana sebesar Rp 40 miliar khusus untuk mendukung toko kelontong tradisional yang tergabung dalam SRC agar mereka tetap dapat menjalankan usahanya ditengah situasi yang sulit ini,” ujar Henny.

Upaya dan bantuan Sampoerna ini sejalan dengan salah satu program Kementerian Koperasi dan UMKM yang giat menggalakkan praktik physical distancing di warung-warung. Bahkan beberapa toko kelontongnya menyediakan layanan pesan antar melalui aplikasi ponsel guna menghindari kerumunan di toko kelontong dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Melalui komitmen ini kami berharap dapat berperan aktif dalam memberikan sumbangsih terbaik untuk turut menjaga Indonesia di masa penuh tantangan ini,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *