Di Hongkong Open 2019, Hafiz/Gloria Punya Kans Melaju Jauh


JawaPos.com– Grafik penurunan performa Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja bikin badminton lovers harap-harap cemas setiap kali mereka bertanding. Termasuk kemarin saat mereka bertanding di babak pertama Hongkong Open 2019 di Hong Kong Coliseum, Hongkong.

Apalagi, musuhnya adalah Wang Chi-lin/Cheng Chi-ya, ganda campuran terbaik Taiwan.

Wang/Cheng adalah musuh yang mengalahkan mereka di perempat final Macau Open dua pekan lalu (1/11). Benar saja, pada game pertama, mereka mengalami kesulitan. Beruntung, Hafiz/Gloria berhasil menemukan pola permainan yang tepat untuk mengalahkan pasangan nomor 10 dunia tersebut. Hafiz/Gloria sukses revans dengan menang 17-21, 21-8, 21-13 dalam 47 menit.

Gloria mengungkapkan, pada game pembuka, dirinya dan Hafiz memang belum beradaptasi dengan lapangan. Mereka gagal mengatasi kondisi angin. ’’Waktu latihan kami belum pernah mencoba lapangan tempat kami bertanding ini. Feeling-nya belum dapat,’’ papar Gloria sebagaimana dikutip dari siaran pers PP PBSI. ’’Banyak pukulan kami yang tidak pas,’’ imbuhnya.

Hafiz menjelaskan, kekalahan di Makau cukup membuat dirinya dan Gloria terpukul. Keduanya banyak belajar. Terutama mengatasi tekanan saat poin-poin kritis. Saat itu, pertandingan memang sangat ketat. Berkali-kali unggul duluan, berkali-kali game point, tidak juga berhasil merebut satu game pun. Mereka kalah 20-22, 26-28.

’’Kami kalah di Makau karena salah cara main,’’ ungkap Hafiz. ’’Sekarang kami lebih mengatur (pukulan) dan nggak kencang-kencang terus. Sebab, kalau adu kencang-kencangan pukulan, bisa kalah sama lawan yang pukulannya lebih kencang. Jadi, kami belajar dari kesalahan,’’ ulasnya.

Pada babak kedua besok (14/11), ganda campuran nomor dua Indonesia itu berhadapan dengan pasangan suami istri asal Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Ini akan menjadi pertemuan ketiga mereka. Saat ini kedudukan imbang 1-1. Pada pertemuan terakhir, Hafiz/Glo kalah dalam straight game 12-21, 18-21. Tapi, itu sudah lama. Tepatnya di Denmark Open 2018.

Adcock/Adcock punya kesamaan dengan Hafiz/Gloria. Penampilan ganda peringkat ke-11 dunia itu sedang tidak stabil. Mereka melaju ke semifinal French Open, tapi kandas di babak kedua Fuzhou China Open. Sebelumnya, di Denmark Open, mereka kalah oleh pasangan nomor 84 dunia Chang Tak Ching/Ng Wing Yung (Hongkong). So, ini kesempatan Hafiz/Gloria buat melaju.

Sayang, pada hari pertama Hongkong Open kemarin, kita sudah kehilangan dua pasangan ganda campuran. Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tumbang. Owi/Winny kalah oleh Takuro Hoki/Wakana Nagahara (Jepang) 20-22, 18-21.

Sedangkan Rinov/Pitha apes sudah bertemu unggulan keenam Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia). Pasangan belia itu pun kalah 16-21, 16-21.

’’Tadi kami banyak main di bawah tekanan dan kami nggak bisa keluar dari tekanan itu,’’ tutur Pitha. ’’Di game kedua sebenarnya sempat memimpin, tapi habis itu kalau hilang poin, hilangnya banyak banget,’’ sesalnya.

Sementara itu, Rinov mangakui keunggulan Chan/Goh yang memang levelnya jauh lebih tinggi. Pasangan senior itu menempati peringkat ke-6 BWF. Ripit (sebutan Rinov/Pitha) yang baru setahun mentas dari junior masih berada di kisaran peringkat ke-18. ’’Kami butuh banyak evaluasi. Misalnya mainnya harus lebih safe dan tenaganya harus ditambah lagi,’’ kata Rinov.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *