Edukasi Anti-Kekerasan bagi Para Pengemudi Perempuan Ojek Online



Di samping pelatihan, juga pembekalan berupa latihan bela diri, Grab Indonesia menginisiasi gerakan lain untuk membuat para pengemudi perempuan meresa kian nyaman.

“Kami meluncurkan armada khusus perempuan ‘LadyGrab’ untuk layanan GrabExpress dan GrabFood,” ujar Neneng. Baru bermula di Jabodetabek, ia tak menutup kemungkinan gagasan ini akan hadir di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Opsi ini dihadirkan bagi para mitra pengemudi perempuan yang merasa kurang nyaman membawa penumpang lelaki. “Makanya kami beri pilihan,” kata Neneng,

Informasi akan tindakan yang harus dilakukan saat tertimpa insiden kecelakaan pun diupayakan, berikut pencegahan dengan menekankan untuk selalu menaati peraturan lalu lintas.

“Tapi, kadang ada juga mitra yang mau menaati peraturan malah dimarahi penumpang. Jadi, edukasinya memang harus dua arah,” tutur Neneng. Karenanya, sekarang pengemudi sudah bisa memberi nilai pada penumpang agar ekosistem sehat ini tebentuk.

“Ada juga tombol darurat untuk pengemudi yang bakal langsung direspons unit reaksi cepat. Karena tidak hanya pengemudi, penumpang juga ada yang nakal,” jelas Neneng.

Ragam edukasi dan pelatihan yang diberikan, sambung Azriana, diharapkan akan membentuk budaya baru di tengah masyarakat Indonesia. “Jangan lagi ada budaya diskriminatif supaya kekerasan tidak lagi terjadi,” tutupnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *