Formula Power, Sakti untuk Cegah Mobil Tak Macet di Jalan


JawaPos.com – Kondisi mobil yang prima untuk penggunaan harian dalam kota dengan jarak yang relatif pendek maupun pemakaian untuk perjalanan jauh saat libur, tetap harus memperhatikan beberapa hal dengan jalan daily inpection untuk memastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan.

Lalu bagian apa saja yang menjadi penting untuk pemeriksaan harian agar mobil tidak mengalami trouble saat digunakan? Defensive & Evasive Driving Instructor of IDDC (Indonesia Defensive Driving Center), Adrianto Sugiarto Wiyono mengatakan pemeriksaan yang paling bisa dilakukan oleh pengguna mobil adalah dengan membuka kap mesin dan memeriksa kondisinya, termasuk pengecekan oli dan air radiator.

“Paling tidak untuk harian, kita bisa buka bonet kap mesin dan periksa ada yang bocor atau tidak. Ada cairan yang ngerembes atau tidak. Hal-hal kecil seperti itu yang membuat kita care dengan kondisi mobil,” kata pria yang akrab disapa Rian itu, Minggu (30/12).

Untuk kaki-kaki, tambahnya, tekanan ban mobil bisa dicek dan termasuk keadaaan terakhir bodi. “Apakah kegores saat dipakai atau tidak. Semua itu termasuk daily inspection yang membuat pemilik mobil tahu kelayakan mobilnya untuk jalan,” imbuhnya.

Aktivitas ini mungkin dianggap sepele oleh pengguna mobil, tetapi kebiasaan ini membuat kepedulian pengguna mobil semakin tumbuh untuk mengenal mobilnya lebih jauh. Untuk lebih memudahkan daily inpection pada mobil, Rian juga berbagi panduan berstandar internasional dalam permeriksaan harian kendaraan.

Berdasarkan SSD (Solid State Drive) Saving Driving Australia sebagai panduan untuk menjaga mobil tetap sehat dan layak pakai di jalan, ada sebuah formula yang dipakai dengan acuan pada rumusan POWER. Formula ini, mencakup semua bagian penting komponen mobil sehingga pengguna tidak ribet dengan mobil bila intensif menjaganya.

POWER berkaitan dengan petrol, oil, water, electrical dan rubber. Pemeriksaan ini berkaitan dengan semua bagian penting mobil. Misalnya untuk aman dalam perjalanan tentunya pengguna mobil harus memastikan kondisi bensinnya seperti apa. Jangan sampai ditengah jalan bensin habis dan membuat pengemudi kebingungan.

Selain itu ada Oil berupa pelumas mesin, transmisi dan minyak rem, Water yang mengangkut air pembersih kaca dan pendingin, Electrics berupa lampu, instalasi kabel dan indikator di dashboard dan rubber yang berkaitan dengan ban mobil, wiper dan karet-karet bodi yang juga harus mendapat perhatian.

“Rumusannya bisa berubah tergantung penyusun metodologi. Tetapi itu hanya sekadar shorter memory agar kalau kita mau ngecek kendaraan prosedurnya seperti ini. Yang kita perlu cek adalah kita harus pastikan agar semua aman sehingga, tidak ada gangguan sebelum kita bergerak. Jangan sampai gangguan itu muncul ketika kita bergerak karena itu akan memakan waktu dan tenaga,” ujar Rian

(wzk/JPC)





Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-30 12:58:37

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *