Gelontorkan Rp 7,5 Triliun, XL Axiata Fokus Bangun Jaringan di Luar Jawa


JawaPos.com – XL Axiata semakin serius membangun jaringan di luar Pulau Jawa. Operator telekomuniksi ini bahkan menambah anggaran belanja tahun ini menjadi sebesar Rp 7,5 triliun. Jumlah tersebut naik dari tahun sebelumnya, yakni sekitar Rp 6,8 triliun.

Direktur Keuangan XL Axiata Moh Adlan bin Ahmad Tajuddin mengungkapkan, anggaran belanja modal (capex) tersebut sengaja ditambah guna membangun infrastruktur jaringan di Indonesia. Salah satu yang menjadi fokusnya adalah pembangunan jaringan data, baik 4G maupun 3G, di luar Pulau Jawa.

“Investasi XL untuk pembangunan jaringan naik tahun ini. Yang kami lakukan bukan hanya pembangunan BTS, kami juga akan fiberisasi jaringan kabel optik,” kata Adlan di Banyuwangi, Jawa Timur, baru-baru ini.

Perluasan jaringan XL Axiata dari ujung barat hingga timur Indonesia. (Fadhil Al Birra/JawaPos.com)

Sementara itu, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menerangkan, perusahaannya bakal memperluas wilayah pembangunan jaringan di Kawasan Indonesia Timur. Khususnya di wilayah terpencil. “Dari sisi teknis, XL akan menyasar Indonesia bagian timur untuk dilakukan pembangunan BTS di wilayah terpencil. Hal ini juga untuk mendukung program pemerintah daerah,” terangnya.

Dia mengungkapkan, selama 2018 lalu, kontribusi trafik layanan data di berbagai wilayah luar Jawa tumbuh sangat signifikan. Wilayah tersebut meliputi Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Area lainnya, seperti Sulawesi juga terlihat permintaan pasar yang tumbuh cukup kuat, sehingga wilayah ini akan menjadi salah satu prioritas pembangunan jaringan data. Saat ini wilayah Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat juga sudah mulai bagus. Pun dengan wilayah Maluku hingga Papua.

Selain wilayah timur, Yessie menambahkan, XL Axiata juga telah membangun jaringan di Indonesia bagian barat, yakni di Kepulauan Anambas. Dengan rencana perluasan jaringan ini, XL diharapkan dapat menjangkau sekitar 95 persen populasi di Indonesia dari ujung barat ke wilayah timur Indonesia.

“Pada 2019 ini kami akan konsisten bangun jaringan di luar Pulau Jawa. Ke depan jangkauan XL di luar Pulau Jawa akan semakin luas lagi,” pungkas Yessie.





Link sumber berita

Penulis : Fadhil Al Birra

Tanggal posting : 2019-04-07 20:09:07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *