IOS 14 Beta Ungkap Instagram Selalu Mengakses Kamera Pengguna


JawaPos.com – Sudah bukan rahasia lagi kalau platform media sosial seperti Facebook dan Instagram dikabarkan memata-matai dan mendengarkan percakapan penggunanya. Mereka menggunakan kemampuan tersebut untuk menampilkan iklan produk dan layanan yang baru saja dibicarakan.

Meskipun perusahaan telah berulang kali menyangkal praktik tersebut, sulit untuk menghilangkan rumor tersebut. Terlebih, pengguna yang kini memasang iOS 14 beta di perangkat iPhone melihat bahwa Instagram selalu mengakses kamera menggunakan Facebook dan Instagram. Bahkan jika mereka tidak mengambil foto dan hanya menjelajah feed mereka.

“Kami hanya mengakses kamera Anda ketika Anda memberi tahu kami. Misalnya, ketika Anda menggeser dari Feed ke Camera,” sangkal pihak Instagram dilansir dari 9to5Mac via Ubergizmo, Kamis (30/7).

Pihak Instagram menyebut mereka telah menemukan dan sedang memperbaiki bug di iOS 14 Beta. Ini menyebabkan kekeliruan yang membuat beberapa pengguna seperti dimatai-matai kamera padahal sedang tidak memakainya.

“Kami tidak mengakses kamera Anda dalam hal itu, dan tidak ada konten yang direkam,” lanjut pihak Instagram.

iOS 14 sendiri telah membawa beberapa peningkatan besar pada privasi. Yakni akan mengingatkan pengguna setiap kali aspek tertentu dari perangkat mereka diakses. Seperti clipboard, mikrofon, dan kamera mereka, misalnya. Lebih dari 50 aplikasi populer juga baru-baru ini diketahui diam-diam mengakses clipboard pengguna tanpa sepengetahuan mereka.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »