Ito Sebut Kore White jadi Standar Pemain Naturalisasi yang Ideal


JawaPos.com – Pelatih timnas basket Indonesia Fictor Roring menuturkan bahwa mengambil pemain naturalisasi adalah sebuah keharusan jika ingin mengembangkan potensi basket lokal. Namun, pemain naturalisasi yang dipilih pun tidak boleh sembarangan.

Roring menuturkan hal ini untuk menyikapi rencana Perbasi yang ingin menaturalisasi beberapa pemain dari Afrika yang punya tubuh besar. Walau kondisi timnas basket saat ini memang sedang sangat membutuhkan big man, Ito tetap tidak mau asal pilih. Ia juga butuh pemain besar dengan skill mumpuni.

Ito menuturkan, standar pemain asing yang layak dinaturalisasi menurutnya adalah pemain asing Pelita Jaya asal Amerika Serikat Kore White. Kualitas Kore, kata Ito, sudah terbukti saat ia membela Indonesia di Williams Jones Cup di Taiwan.

Waktu itu, Indonesia secara cukup mengejutkan bisa menyeimbangi Korea Selatan yang notabene merupakan salah satu negara basket tangguh di Asia. Karenanya, menurut Ito, Perbasi seharusnya menaturalisasi pemain dengan kualitas setidaknya seperti Kore.

“Itu masih Kore White, apalagi kalau mendapat pemain yang kualitasnya lebih bagus. Kita pasti butuh pemain naturalisasi karena secara genetik tidak ada pemain kita (Indonesia, Red) yang punya tinggi tubuh 205 sentimeter,” ujar Ito.

Omongan Ito soal pentingnya pemain naturalisasi dibenarkan Dewan Penasihat Perbasi Erick Thohir. Menurut Erick, menggunakan pemain naturalisasi untuk bersaing di level internasional adalah sebuah kewajiban.

“Kita harus menerima kenyataan bahwa secara faktor genetik, jarang ada orang Indonesia yang memiliki postur badan 2 meter ke atas. Bukan berarti tak mau membina atlet lokal, namun ini demi percepatan pembangunan prestasi. Hampir semua negara sudah melakukannya. Jika kita terus memaksakan menggunakan pemain lokal untuk posisi big man, jangan harap kita bisa bersaing di tingkat internasional,” kata Erick.

(mat/JPC)





Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-29 16:26:18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *