Jangan Salah Strategi Seperti SEA Games 2013!


JawaPos.com – Pelatih timnas basket Indonesia Fictor Gideon Roring bertekad mengirimkan semua pemain terbaiknya di SEA Games 2019 mendatang. Ini dilakukan guna menghindari kesalahan yang pernah terjadi dalam multi event yang sama di tahun 2013.

Meskipun kerap dianggap sebagai event untuk menjajal kemampuan para pemain muda, pelatih yang akrab disapa Ito ini menilai wacana menurunkan 60 persen pemain muda di seluruh cabang olahraga Indonesia dalam ajang SEA Games 2019 adalah langkah yang kurang tepat. 

Menurut Ito, Indonesia pernah menerapkan konsep yang sama di SEA Games 2013. Hasilnya, prestasi Indonesia sangat merosot lantaran komposisinya didominasi pemain muda. Di cabang olahaga basket, Indonesia hanya berhasil menang dua kali dari enam kali pertandingan di Naypyidaw, Myanmar. Tim yang saat itu diasuh Tjetep Firmansyah harus pulang tanpa medali.

“Jadi jangan mengulangi kesalahan di SEA Games 2013. Di SEA Games 2019 kita nggak boleh hanya kirim pemain muda, harus pemain terbaik yang kita punya,” tegas Ito.

Menurut Ito, komposisi skuadnya saat ini sudah tergolong baik. Karenanya, ia tidak akan merombak susunan tersebut dan menggantinya dengan para pemain muda.

“Materi pemain yang kita kirim di SEA Games harus yang terbaik. Plus kalau bisa kita mendapatkan pemain naturalisasi (yang lebih baik, Red),” jelasnya.

(isa/JPC)





Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-31 19:47:47

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *