Jelang Malam Tahun Baru, Ganjil Genap Sore Ditiadakan



Liputan6.com, Jakarta – Pembatasan lalu lintas dengan sistem pelat nomor ganjil atau genap di jalur-jalur yang sudah ditentukan di DKI Jakarta, masih berlaku hingga Selasa (31/12/2019). Namun, khusus untuk perayaan Tahun Baru 2020, aturan ini hanya berlaku sampai pukul 10.00 WIB pagi tadi.

Sementara itu, pelaksanaan ganjil genap pada sore hari ditiadakan. Hal itu karena beberapa titik kawasan ganjil genap diberlakukan penutupan akses atau pengalihan arus yang digunakan untuk perayaan Tahun Baru 2020.

“Pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap pada hari Selasa tanggal 31 Desember 2019 tetap diberlakukan pada pukul 06.00 sd pukul 10.00 WIB, sedangkan pada pukul 16.00 WIB sd pukul 21.00 WIB tidak diberlakukan,” ujar Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Fahri Siregar dalam keterangan tertulis, kepada Liputan6.com.

Lanjut Fahri, pembebasan aturan ganjil genap terus berlanjut hingga keesokan harinya yaitu pada Rabu, 1 Januari 2020 mengingat hari itu termasuk dalam Hari Libur Nasional.

Terkait penutupan jalan selama tahun baru, Fahri mengatakan sistem penutupan jalan mulai berlaku sejak pukul 15.00 WIB hingga 24.00 WIB untuk mendukung kegiatan car free night dengan puncak perayaan tahun baru 2020 di Bundaran HI.

Jalur utama yang ditutup oleh Polda Metro Jaya mulai dari Jalan Medan Merdeka Utara melewati Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jendral Sudirman.

Car Free Night Jakarta Siap Terselenggara, Ini Rekayasa Lalu Lintasnya

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, arus lalu lintas di jalan Hayam Wuruk akan diarahkan ke jalan Juanda dan arus lalu lintas dari jalan Veteran di arahkan ke jalan Suryo Pranoto atau jalan Gajah Mada.

Selain itu, arus lalu lintas dari Tugu Tani ke Merdeka Utara akan di arahkan ke jalan Perwira. Selanjutnya, arus lalu lintas dari Tugu Tani ke Merdeka Selatan ditutup dan diluruskan ke jalan Perwira.

“Arus lalu lintas dari jalan museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke Jalan Abdul Muis,” kata Yusri seperti dilansir kanal Peristiwa¬†Liputan6.com.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Budi kemuliaan menuju jalan MH Thamrin, Jl Merdeka Selatan, Jl Merdeka Barat ditutup dan diarahkan ke jalan Abdul Muis.

Kemudian, arus lalu lintas dari jalan Galunggung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke arah Tanah Abang.

“Demikian juga sebaliknya dari arah Tanah Abang diluruskan ke Manggarai atau Pasar Rumput,” ujar Yusri.

Arus lalu lintas dari arah Casablanka menuju jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya. Lalu, lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari Timur dan diarahkan ke Slipi atau arah dari barat ke Pancoran.

Tak hanya itu, arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju jalan pintu satu Senayan diluruskan ke arah Hanglekir. Lalu, arus lalu lintas dari jalan Asia Afrika menuju bundaran Senayan diluruskan ke jalan Hanglekir.

“Arus lalu lintas yang dari jalan Sisingamangaraja menuju jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke jalan Hanglekir,” lanjut Yusri.

Arus Lalu Lintas di Jalan Jendral Sudirman

Dia menambahkan, arus lalu lintas yang dari jalan Pattimura menuju jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke jalan Hanglekir atau di arahkan ke kiri jalan Sisingamangaraja.

“(terakhir) arus lalu yang dari jalan Senopati menuju jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke jalan Pattimura,” tukas Yusri.

Arus lalu lintas di jalan Hayam Wuruk diarahkan ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari jalan veteran di arahkan ke jalan Suryo Pranoto/jalan Gajah Mada

-Arus lalu lintas dari tugu tani ke merdeka Utara di arahkan ke jalan Perwira

-Arus lalu lintas dari Tugu Tani ke Merdeka Selatan ditutup, diluruskan ke jalan Perwira

-Arus lalu lintas dari jalan museum ke arah Merdeka Barat ditutup diluruskan ke jalan Abdul muis

-Arus lalu lintas dari Budi Kemuliaan menuju jalan MH Thamrin, Jl merdeka Selatan, Jl Merdeka Barat ditutup diarahkan ke jalan Abdul Muis

-Arus lalu lintas dari jalan Galunggung menuju Sudirman dilakukan penutupan dan diluruskan ke arah Tanah Abang, demikian juga sebaliknya dari arah Tanah Abang diluruskan ke manggarai atau Pasar Rumput.

-Arus lalu lintas dari arah kasablanka menuju jalan Jenderal Sudirman dilakukan penutupan kedua arahnya

-Lingkaran Semanggi dan Simpang Susun Semanggi ditutup total dari Timur diarahkan ke Slipi atau arah dari Barat ke Pancoran.

-Arus lalu lintas dari arah Hotel Mulia menuju jalan pintu satu Senayan diluruskan ke arah Hanglekir.

-Arus lalu lintas dari jalan Asia Afrika menuju bundaran Senayan diluruskan ke jalan Hanglekir.

-Arus lalu lintas yang dari jalan Sisingamangaraja menuju jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke jalan Hanglekir.

-Arus lalu lintas yang dari jalan Pattimura menuju jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke jalan hanglekir atau di arahkan ke kiri jalan Sisingamangaraja.

-Arus lalu lintas yang dari jalan Senopati menuju jalan Jenderal Sudirman diarahkan ke jalan Pattimura.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2019-12-31 14:32:30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *