Kata Psikolog Soal Sulitnya Melupakan Mantan



Jakarta – Terbiasa bersama-sama dalam waktu yang cukup lama tentu akan menyisakan kenangan yang membekas di hati. Bukan hal yang mudah untuk menjalani hari-hari yang berbeda dari biasanya. Sama seperti halnya saat putus cinta.

Menerima kenyataan telah berpisah dengan orang terkasih menjadi hal sulit nan rumit. Untuk itu perlu diketahui apa sih penyebab dari susahnya melupakan sosok mantan?

Menurut psikolog dari Tiga Generasi dan founder Cinta Setara, Sri Juwita Kusumawardhani, M Psi, ada beberapa hal yang membuat sosok mantan menjadi sulit untuk dilupakan. Seperti sudah banyak memori yang dibuat bersama mantan, sehingga banyak hal yang mengingatkan kita akan dirinya.


“Kebersamaan dengan mantan sudah menjadi ‘habit’ atau kebiasaan di dalam kehidupan sehari-hari, tentunya untuk mengubah sebuah kebiasaan, adalah hal yang sulit,” ujar wanita yang akrab disapa Wita ini kepada detikHealth.

Wita juga menjelaskan bahwa hal lainnya yang menjadikan seseorang sulit melupakan mantan ialah terlalu banyak ‘berinvestasi’ saat menjalin hubungan tersebut.

“Mulai dari waktu, energi, emosi atau perasaan, uang, dan lain-lain. Nah, tentunya semakin banyak investasi yang kita berikan, semakin sulit juga kita melupakannya,” jelas Wita kepada detikHealth.

“Seperti sudah pacaran sekian tahun berarti ‘kan seperti sudah investasi waktu dan perasaan. Lalu bila pacarannya sudah ‘terlalu jauh’ secara fisik, tentunya itu juga akan jadi lebih sulit dilupakan, dibanding dengan yang investasinya lebih sedikit,” pungkas Wita.

Hayo ngaku, siapa yang sudah mendeklarasikan ingin melupakan mantan sebagai resolusi 2019? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya.

(up/up)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-29 11:01:01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *