Kiprah Dahsyat Fikri/Bagas Untuk Menjadi Juara Hyderabad Open 2019


JawaPos.com–Sektor ganda putra tak henti mendonasikan gelar di turnamen BWF Tour. Di Hyderabad Open, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menyegel sukses naik podium teratas. Dalam final yang digelar di Indoor Stadium Gochibowli, Hyderabad, India (11/8), Fikri/Bagas mengalahkan pasangan Korea Selatan Na Sung-seung/Wang Chan 21-18, 21-18 dalam waktu 36 menit saja.

Prestasi tersebut sangatlah berarti bagi pasangan yang menduduki peringkat 66 dunia itu. Sebab, ini merupakan gelar perdana mereka di BWF Tour. Sekalipun levelnya baru super 100. April lalu, Fikri/Bagas juga menjuarai Finnish Open. Namun event itu masuk kategori international challenge.

Tidak mengherankan, pasangan yang masuk skuad pelatnas pratama itu tidak mampu menyembunyikan kebahagiaan. ”Alhamdulillah, senang banget bisa juara di turnamen super 100,” ujar Bagas ketika dihubungi Jawa Pos kemarin.

Menurut pemain PB Djarum itu, tidak mudah bagi mereka mengalahkan lawan. Selama ini pasangan Korea Selatan terkenal dengan kecepatan dan kelincahannya. Bahkan ketika mereka sudah mencapai match point di game kedua, Na/Wang masih berani menyerang dan menipiskan ketinggalan. Namun, mereka akhirnya meraih gelar berkat kesabaran, ketenangan, dan fokus tinggi.

Nggak gampang untuk menjadi juara. Tapi nggak nyangka juga, sih. Target saya sebelumnya sampai babak delapan besar,” cerita Bagas.

Itu wajar. Fikri/Bagas tidak masuk daftar unggulan dalam turnamen yang baru masuk edisi kedua tersebut. Namun, mereka tergolong beruntung. Karena seeded pertama Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mundur dari turnamen.

Persaingan di pul atas yang mereka tempati lebih longgar. Namun bukan berarti langkah mereka lantas jadi mudah. Pada babak pertama, Fikri/Bagas langsung berjumpa unggulan ketujuh Pranaav Jerry Chopra/Rohan Kapoor asal India. Mereka sukses ke babak 16 besar setelah berjibaku dalam tiga game. Di semifinal, mereka kembali bertemu unggulan. Yakni Lee Jhe-huei/Yang Po-hsuan asal Taiwan.

Ini berarti, dalam Hyderabad Open, Indonesia selalu sukses meraih gelar. Tahun lalu, Merah Putih naik podium lewat ganda campuran Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow. Kemarin, ganda campuran juga berpeluang meraih gelar. Sayang, pasangan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso gagal menaklukkan pasangan Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See 21-16, 16-21, 11-21.

Gelar Fikri/Bagas juga jadi pelipur lara setelah para pemain pelatnas dari sektor lain gagal bersinar. Misalnya Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik (tunggal putra) yang kandas di babak ketiga. Juga ganda putri juara Russian Open 2019 Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah yang malah sudah tumbang di babak pertama.

Tentang Fikri/Bagus

Dipasangkan sejak

Agustus 2018

Event Pertama

Vietnam Open (babak 16 besar kualifikasi)

Klub

Fikri: SGS Telkom Bandung

Bagas: PB Djarum

Peringkat BWF

66

Kiprah di BWF Tour 2019

Thailand Masters Babak 1

Orleans Masters Babak 2

New Zealand Masters Babak 1

Russian Open Babak 2

Hyderabad Open Juara





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *