Kompetisi Futsal Harus Diperbanyak Agar Sepopuler Sepak Bola

JawaPos.com – Pelatih futsal tim Regional Jabar 1 Usman Alatas menuturkan pamor futsal semestinya bisa lebih besar dari sepak bola. Pasalnya, ditinjau dari faktor lapangan dan jumlah pemain, futsal semestinya lebih fleksibel dan mudah dimainkan ketimbang sepak bola.

“Sebenarnya futsal itu tidak kalah jauh dengan sepak bola, karena kita memang lebih ke entertainment. Cuman kita belum bisa menjual olahraga ini,” ucapnya kepada Jawapos.com, Selasa (12/11) ini di Hotel Sultan, Senayan.

Usman mengungkapkan hal tersebut dapat dilihat melalui standarisasi kedua cabor itu. Dia menilai standar cabang olahraga futsal tidak setinggi sepak bola. “Kalau di sepak bola kita bisa tahu gaji para pemain sampai ratusan juta. Sementara di futsal masih dibawah sepak bola. Cara untuk mensejajarkan hal itu ya kita harus buat futsal lebih berkembang pesat,” jelasnya.

Usman melihat hal tersebut tidak mustahil dilakukan. Banyak cara untuk menaikkan pamor futsal di mata masyarakat. Salah satu langkah realistis untuk mewujudkan hal itu melalui kompetisi Pocari Sweat Futsal Championship. “Melalui kompetisi seperti ini sangat membantu. Sebab dengan adanya pertandingan ini, branding olahraga futsal dapat ikut naik,” sambungnya.

Kendati terlihat sepele, namun hal tersebut tidak mudah dilakukan. Banyak terdapat halangan yang menghadang, salah satunya dari peminat futsal sendiri.

“Halangannya itu dari kasta. Mohon maaf dalam futsal itu hampir semua menengah ke atas, sementara di sepak bola sebaliknya. Kita ingin masyarakat menengah ke bawah juga dapat mengangkat nama futsal.¬†Kita ingin menghilangkan kasta tersebut. Jadi tidak hanya bagi penghobi saja, tapi juga untuk orang-orang yang mau bekerja keras di futsal dan mau menghasilkan sesuatu bagi olahraga ini,” sambungnya.

(mat/JPC)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *