Kuliner Malam Jumat: Apa Kabar Martabak Legendaris Pecenongan Kini?



Liputan6.com, Jakarta – Malam itu kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, tak terlalu. Padahal di malam Sabtu kawasan kuliner yang banyak menawarkan tempat makanan hits seperti martabak kekinian, ramai disesaki pengunjung.

Bahkan seorang pemilik warung rokok mengungkapkan kalau kawasan kuliner di Pecenongan sedang sepi pengunjung dalam beberapa bulan terakhir. Namun setelah mampir di kedai Martabak Bandung 65a Pecenongan, kesan sepi justru terbantahkan.

Sekitar pukul 21.00, awalnya memang hanya ada satu pembeli sedang menunggu martabak pesanannya. Tapi tak lama kemudian, pembeli mulai berdatangan.

Para karyawan yang tadinya duduk santai, mulai sibuk membuat dan mengemas martabak. Belum lagi para pengemudi ojek online yang semakin banyak datang untuk memesan martabak manis maupun martabak telur dengan beragam variasi rasa.

Menurut sang pemilik, Daniel, biasanya memang ada jam-jam tertentu para pembeli ramai berdatangan. “Kita buka dari siang, biasanya jam makan siang lumayan ramai. Setelah itu menjelang sore dan menjelang malam biasanya paling ramai. Kalau malam diatas jam 8 biasanya mulai ramai lagi sampai menjelang tutup,” ungkapnya saat ditemui Liputan6.com, baru-baru ini.

Ia pun bercerita kalau usaha martabak ini sudah diritis sejak 1970 oleh ayahnya, Agustinus. Bermodalkan ilmu martabak yang didapatkan dari kakaknya di Bandung Agustinus yang pernah menjadi sales obat akhirnya memutuskan untuk berjualan martabak.

“Waktu itu belum ada penjual martabak di Jakarta, kalaupun ada ya masih sedikit. Jadi, kedai martabak yang didirikan ayah saya ini termasuk pelopor penjual martabak di Jakarta,” terangnya.

Sejak awal Agustinus memilih tempat di kawasan Pecenongan dan tidak berubah sampai sekarang. Padahal saat itu daerah Pecenongan masih sepi, tapi ternyata makin ramai dan berkembang bahkan menjadi salah satu pusat wisata kuliner. “Kalau dulu cuma di satu tempat di nomor 65a, sekarang yang 65b juga sudah punya kita dari beberapa tahun lalu,” ujar Daniel.

Press Conference Rexona Dry Serum Launch



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *