Lakukan Ekspansi, Amazon Dilaporkan Beli Startup Mobil Otonom Zoox


JawaPos.com โ€“ Amazon tampaknya berencana melakukan ekspansi bisnis lebih dari sekadar perusahaan teknologi saja. Amazon yang merupakan raksasa E-Commerce asal Amerika Serikat (AS) itu dilaporkan telah setuju untuk membayar lebih dari USD 1,2 miliar atau berkisar Rp 17,2 triliun untuk membeli startup teknologi kendaraan otonom Zoox.

Hal tersebut terkait dalam sebuah langkah yang menyoroti ambisi besar perusahaan mengenai teknologi kendaraan otonom. Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, sebuah laporan mengklaim kesepakatan itu telah diumumkan kepada publik pada Jumat (26/6).

Laporan itu tidak menyebutkan harga pembelian yang pasti. Amazon juga tidak mungkin mengungkapkannya ketika transaksi resmi. Namun, Financial Times mengklaim Amazon telah membayar lebih dari Rp 17,2 triliun untuk akuisisi tersebut.

Salah satu orang mengatakan Amazon akan bekerja sama dengan Zoox untuk membuat armada kendaraan otonom. Beberapa analis mengharapkan Amazon untuk fokus mengintegrasikan teknologi otonom ke dalam armada pengirimannya. Kesepakatan itu menyusul pembelian saham pembuat truk listrik Rivian dan startup mandiri mengemudi Aurora.

Transaksi itu berarti sebagian besar investor Zoox akan mendapatkan uang mereka kembali, dengan beberapa dari mereka membuat pengembalian positif. Di antara investor utama adalah Lux Capital, DFJ, Dewan Investasi Rencana Pensiun Kanada, dan salah satu pendiri Atlassian, Michael Cannon-Brooks.

Pembicaraan lanjutan antara Amazon dan Zoox pertama kali dilaporkan pada Mei, tetapi perusahaan tidak memberikan komentar apapun. Zoox sendiri didirikan pada tahun 2014 dan bernilai USD 3,2 miliar atau berkisar Rp 45,9 triliun pada Juli 2018. Perusahaan telah merencanakan untuk meluncurkan program percontohan untuk layanan ride sharingnya tahun ini, tetapi pandemi Coronavirus menghentikan pengujian kendaraan.

Saksikan video menarik berikut ini:



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป