Luis Scola, 39 tahun, Jadi Inspirator yang Membawa Argentina ke Final


JawaPos.com-Untuk kali pertama dalam 17 tahun, Argentina berhasil menembus final Piala Dunia FIBA. Tim Tango berpeluang untuk mengangkat piala keduanya saat menghadapi Spanyol pada partai puncak di Beijing, 15 September mendatang.

Argentina menjadi kampiun pada edisi perdana FIBA World Cup tahun 1950 di kandang sendiri. Sedangkan pada edisi 2002 di Amerika Serikat, Argentina kalah di final via overtime dengan skor 77-84 atas Yugoslavia.

Malam ini (13/9) di Wukesong Arena, Beijing, Argentina menembus final via menghajar tim yang di atas kertas lebih diunggulkan, Prancis, dengan skor 80-66.

Center gaek berusia 39 tahun Luis Scola menjadi inspirator penting kemenangan Argentina dengan mencetak double-double 28 poin dan 13 rebound. Aksi heroik pemain Shanghai Sharks tersebut terjadi pada kuarter keempat ketika dia mencetak back-to-back tembakan tiga angka.

Aksi luar biasa pemain yang pernah lama berkarir di NBA (antara lain membela Houston Rockets dan Indiana Pacers) tersebut benar-benar membenamkan Prancis.

Pemain asal klub Real Madrid Gabriel Deck bangkit dari bangku cadangan dengan mencetak 13 angka. Sementara itu, rekan Deck di Real Madrid, point guard lincah Facundo Campazzo bermain lengkap dengan mendulang 12 angka, 7 rebound, dan 6 assist.

Pada FIBA World Cup tahun ini, Argentina tidak diperkuat satupun pemain NBA. Sementara itu, lawannya, Prancis, yang menyingkirkan Amerika Serikat di perempat final, memainkan lima bintang NBA. Itu termasuk NBA Defensive Player of the Year dalam dua musim terakhir Rudy Gobert.

Namun, permainan fisikal yang diperagakan Argentina membikin Prancis tak berkutik. Dua pemain NBA Frank Ntilikina (New York Knicks) dan Evan Fournier (Orlando Magic) sama-sama mencetak 16 angka. Namun, akurasi tembakan Fournier buruk. Hanya mencetak 6 dan 17 kesempatan tembakan alias cuma 35,3 persen.

Gobert sendiri tampil buruk dengan 3 poin meski mampu mencatat 11 rebound. Pada perebutan peringkat ketiga, 15 September nanti, Prancis akan menghadapi Australia.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *