MediaTek Kenalkan Dimensity 800, Chipset Kelas Menengah yang Dukung 5G


JawaPos.com – MediaTek belum lama ini mengenalkan seri chipset kelas atas yang mendukung 5G, yakni Dimensity 1000. Kini yang terbaru, MediaTek mengenalkan seri yang lebih ekonomis atau chipset kelas menengah yang juga mendukung 5G. Dialah Dimensity 800.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari Gizchina, Sabtu (26/12), chip Dimensity 800 dikenalkan MediaTek saat menjadi tuan rumah konferensi pers di Beijing, Tiongkok. Dimensity 800 yang ditujukan kepada awak media dikatakan akan memberi daya pada smartphone kelas menengah pada 2020 mendatang.

Seperti sudah disinggung di atas, Dimensity 800, chip tersebut sudah mendukung teknologi 5G. Dimensity 800 memiliki modem 5G terintegrasi dan akan menjadi solusi yang lebih terjangkau daripada Dimensity 1000 yang pertama kali akan diadopsi smartphone Oppo Reno 3.

Kendati sudah diumumkan, perusahaan tidak mengungkapkan spesifikasi lebih rinci mengenai Dimensity 800. MediaTek memilih akan mengungkap detail spesifikasi Dimensity 800 dan didemokan pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) awal 2020 mendatang.

Seperti segmen-nya, Dimensity 800 diharapkan dapat bersaing dengan smartphone yang ditenagai chipset seri Kirin 800 dan Qualcomm Snapdragon 7 series terbaru yang juga sudah mendukung 5G. Sementara lembar spesifikasi baru akan terungkap nanti, namun modem yang menenagai Dimensity 800 diketahui adalah Helio M70 yang diperkenalkan awal tahun ini.

Chip tersebut dapat mencapai kecepatan hingga 4,7 Gbps downlink dan 2,5 Gbps uplink, mendukung jaringan SA dan NSA dan memiliki NR 2 Component Carrier. Saat ini, hanya chipset Dimensity 1000/L yang memiliki modem ini.

Chipset menghadirkan empat inti Cortex-A77 dan empat Cortex-A55. MediaTek juga menjanjikan peningkatan kinerja dan daya tahan baterai hingga 20 persen, dibandingkan dengan chipset yang menjalankan unit Cortex-A76. Namun apakah ini benar atau tidak, hal itu masih harus melihat pada Januari mendatang ketika ponsel pertama, yang ditenagai oleh chip MediaTek itu tiba di pasar.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *