Mulai Juni 2020 Harga Xpander dan Triton Naik Hingga Rp3 Juta


JawaPos.com – Kondisi sulit di tengah pandemi membuat berbagai merek terkena dampak, begitu juga PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang berencana menaikkan harga jual beberapa modelnya. Menurut Imam C Cahya, Head of Sales and Marketing Group MMKSI penyesuaian harga jual tersebut mempertimbangkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Unit model yang mengalami kenaikan harga adalah Xpander, Triton, dan L300 mulai Juni 2020. Sementara untuk model Pajero Sport dan Outlander Sport tidak mengalami kenaikan.

“Kenaikan berkisar Rp 1 juta hingga 3 juta dari harga lama. Rinciannya, Rp 1 juta untuk model L300, sedangkan Rp 2-3 juta untuk model Xpander dan Triton tergantung variannya,” ungkap Imam saat ngabuburit virtual interview, Selasa (19/5).

Menurut Imam, alasan menaikkan harga jual pada Juni pun dilakukan karena pertimbangan kondisi ekonomi nasional yang terpuruk. Meskipun MMKSI telah berusaha menjaga harga jualnya agar tidak naik akan tetapi situasi pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap kondisi perekonomian Indonesia termasuk nilai tukar (kurs) rupiah.

Dalam kesempatan yang sama, Irwan Kuncoro selaku Direktur Pemasaran dan Penjualan MMKSI, menambahkan kalau pada prinsipnya penyesuaian harga jual produk kendaraan harus dilakukan setiap tahun dengan berbagai pertimbangan. Diantaranya faktor inflasi, kenaikan biaya produksi, kurs rupiah, dan kenaikan beabalik nama (BBN).

“Disisi lain bisa juga kenaikan harga dipicu dengan adanya penambahan speksifikasi dan fitur. Biasanya kami tahan harga jual di bulan tertentu, lalu kami lakukan kenaikan harga di bulan lain. Tak usah heran, ini bagian dari strategi bisnis dan kompetisi juga di industri otomotif,” pungkas Irwan.

Strategi yang dilakukan MMKSI sangatlah wajar, apalagi melihat situasi yang kurang menguntungkan. Bisa mempertahankan angka penjualan sudah sangat bagus, bahkan beberapa merek lain juga melakukan strategi yang hampir sama.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *