Nah Lho! Gara-Gara Hoax TBC-HIV, Terompet Tiup Jadi Nggak Laku


Jakarta – Pedagang terompet musiman menjelang akhir tahun mengeluhkan isu pesan berantai yang mengatakan bahwa terompet tiup bisa penyebaran HIV (Human Imunodeficiency VIrus), TB atau TBC (Tuberkulosis) dan kanker mulut.

Ternyata bukan hanya tahun ini, salah satu pedagang terompet mengatakan hampir tiap tahun selalu saja ada isu tersebut.

“Bisa nularin HIV dan penyakit-penyakit gitu katanya. Itu juga ngaruh banget kita jadi sepi, apalagi tahun ini juga ada larangan untuk merayakan tahun baru, jadi makin berkurang sih peminatnya,” ujar salah satu pedagang terompet di kota Bogor, Herman Samsudin (40), saat diwawancarai detikHealth, Senin (31/12/2018).


Namun Herman bersyukur masih ada yang membeli terompetnya di tengah maraknya isu penyebaran penyakit melalui terompet. Ia pun merasa beruntung karena saat ini sudah ada terompet pompa, jadi lebih banyak yang tertarik dan tidak khawatir tertular penyakit.

“Kebanyakan yang beli ini (terompet pompa), memang harganya lebih mahal, cuma lebih aman ‘kan. Nih dengar, suaranya juga bisa lebih keras,” kata Herman saat mempraktikkan memompa terompetnya kepada detikHealth.

Terompet model pompa seperti ini menurut Herman lebih laku untuk saat ini.Terompet model pompa seperti ini menurut Herman lebih laku untuk saat ini. Foto: Kireina/detikHealth

Sementara itu, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, dari Fakultas Kedokteran Universitas menyampaikan imbauan untuk tidak langsung mempercayai isu-isu negatif tentang terompet. Sebagian besar isu tersebut adalah hoax atau kabar bohong.

“Hoaks penyebaran penyakit melalui terompet ini membuat masyarakat akan berpikir dua kali untuk membeli terompet. Akhirnya kasihan para penjual dan pembuat terompet yang kebetulan juga sangat berharap mendapat keuntungan di penghujung tahun ini,” jelas Prof Ari kepada wartawan.

(up/up)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-31 12:45:46

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *