Olimpiade Tokyo Tahun Depan Bisa Saja Dibatalkan


JawaPos.com – Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach mengatakan bahwa Olimpiade Tokyo harus dibatalkan jika pandemi Covid-19 berkepanjangan.

Sebelumnya pada Maret lalu, IOC dan pemerintah Jepang mengambil keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Yakni menunda Olimpiade selama setahun akibat virus korona baru.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pernah mengatakan bahwa ajang olahraga multievent empat tahunan tersebut tidak dapat berlangsung pada 2021. Kecuali jika vaksin virus sudah ditemukan.

Virus korona sendiri telah menginfeksi lebih dari 17.100 orang dan menyebabkan 797 kematian di Jepang.

“Terus terang, saya memiliki beberapa pemahaman untuk ini, karena Anda tidak dapat selamanya mempekerjakan 3.000 atau 5.000 orang di Komite Penyelenggara,” kata Bach kepada BBC.

“Anda tidak bisa setiap tahun mengubah seluruh jadwal olahraga di seluruh dunia dari semua federasi besar. Anda tak bisa membiarkan atlet mengalami ketidakpastian,” lanjutnya.

Bach mengatakan, IOC berkomitmen untuk mempertahankan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo tahun depan, meskipun harus disiapkan untuk berbagai skenario termasuk mengkarantina atlet.

“Semua skenario yang berbeda sedang dalam pertimbangan dan inilah sebabnya saya mengatakan ini adalah tugas besar. Sebab, ada begitu banyak pilihan yang berbeda bahwa tidak mudah untuk mengatasinya sekarang,” tambahnya.

“Ketika kita memiliki pandangan yang jelas tentang bagaimana dunia akan terlihat pada 23 Juli 2021, maka kita akan mengambil keputusan yang tepat,” jelasnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *