Pasar Mobil Bekas Diprediksi Bergeser ke SUV dan Small Car di 2019


JawaPos.com – Pasar mobil bekas di Indonesia memang setiap tahun mengalami tren kenaikan ditengah kebutuhan mobil pribadi masyarakat. Saat ini memang penjualan mobil bekas masih didominasi oleh mobil model Multy Porpose Vehicle (MPV).

Namun nampaknya ke depan perlahan-lahan pasar akan bergeser ke model Sport Utility Vehicle (SUV) dan city car atau hatcback. Hal ini diungkapkan Presiden Direktur mobil88 Halomoan, Fischer Lumbantoruan dalam sebuah Talkshow tentang mobil bekas bersama wartawan beberapa waktu lalu.

“Kalau bicara segmennya mobil bekas, ada yang menarik. di Indonesia memang masyarakatnya masih MPV oriented banget. Pokonya itu dulu, baru yang lain. Namun sekarang, perlahan-lahan sudah mulai bergerak ke arah berbeda kayak SUV dan small car,” katanya dalam acara tersebut belum lama ini.

Karena itu, ia memprediksi pergerakan pasar mobil bekas ke depan khususnya pada tahun 2019 yang tinggal menghitung hari ini, pasar mobil bekas akan menuju ke ranah style dan mobil-mobil kecil seperti city car dan model LCGC yang sekarang sudah memiliki fitur yang memberikan kenyamanan dalam ruang kabin.

“Gerakannya skarang ke sana. Kalau bicara 5 tahun lalu, MPV bisa 55 persen, tetapi perkembangan sekatang malah jadi Cuma 45 persen. Ini tren yang ada mobil88. Ini pergerakan kultur dari yang dulunya family oriented ke individual oriented,” bebernya.

Ia menggambarkan perilaku itu bisa terlihat dari interaksi masyarakat setiap hari, Kadang kita temui bahwa orang bisa berjam-jam nyaman dengan sosmed yang ada di smartphone-nya ketimbang mengobrol dengan orang yang ada disekitarnya. Ini indikasi sebuah pergeseran orientasi masyarakat.

“Dulu iklan kiang bisa muat sapa aja. Kalau sekarang sudah mulai bergeser ke personal. Hal ini bisa dilihat dari kehidupan sosial masyarakat, dimana-mana atau kemana-mana ada kecenderungan individual. Mereka lebih tertarik dengan sosmednya ketimbang mengobrol dengan orang lain,” sambungnya.

Karakter ini mungkin ke depan akan membuat mereka lebih cenderung untuk memilih mobil-mobil yang lebh personal seperti city car dan model sejenisnya. Selain itu ada juga faktor keterbatasan lahan parkir di kota-kota besar yang membuat pengguna mobil mulai berpikir untuk menggunakan mobil-mobil berukuran mini.Sementara untuk mereka yang lebih cenderung stylish pilihannya akan beralih ke SUV yang terlihat lebih macho dan keren.

(wzk/JPC)





Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-30 20:39:30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *