Pemain Masih Was-Was Jika Liga Kembali Digulirkan


JawaPos.com – Indonesian Basketball League (IBL) berpeluang untuk kembali bergulir pada September. Hal itu mengacu pada kebijakan pemerintah yang mulai beradaptasi dengan new normal. Namun, kekhawatiran muncul dari kalangan pemain.

Pemain Satya Wacana Salatiga Daniel Anggoro menyatakan, dirinya sejatinya bersemangat dengan rencana bergulirnya kembali IBL pada September. Namun, dia tetap waswas untuk bermain. ’’Seperti kita tahu, virus ini menyebar dengan sangat cepat,’’ ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (29/5).

Terlebih, lanjut dia, efektivitas pemberlakuan new normal dalam mencegah persebaran virus belum diketahui. Dalam pemahamannya, saat normal baru berlaku, protokol kesehatan tetap ketat.

Di antaranya, memakai masker, mencuci tangan, hingga menghindari kerumunan dan kontak fisik. ’’Yang jadi pertanyaan, apakah itu bisa diberlakukan untuk basket atau olahraga lain yang melibatkan banyak orang?’’ kata pebasket 25 tahun tersebut.

Memang, ada acuan dan referensi menggelar event seperti yang dilakukan dalam kompetisi sepak bola di Korea Selatan. ’’Yang pasti, rasa takut dan waswas masih ada. Sebab, jumlah pasien positif di Indonesia juga terus meningkat,’’ imbuhnya.

Hal senada disampaikan pebasket Satria Muda Sandy Ibrahim Aziz. Menurut dia, kurva pasien Covid-19 di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, terus bertambah setiap hari. Atas dasar itu, dia berharap era normal baru dimulai setelah kurva persebaran Covid-19 menurun. ’’Jangan sampai terburu-buru dan malah cari penyakit,’’ ucapnya.

Sandy melanjutkan, para pemain butuh waktu untuk berlatih bersama. Hingga kini, belum ada tim yang mulai berlatih kembali.

Selain itu, jika pertandingan kembali bergulir tahun ini, atmosfernya diyakini bakal berbeda. Sebab, ada kemungkinan bahwa event dilangsungkan tanpa penonton. ’’Sampai saat ini, liga belum kasih info kapan tepatnya liga dimulai lagi,’’ tuturnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »