Perlu Nggak Sih Melupakan Mantan? Simak Saran Psikolog



Jakarta – Banyak yang berusaha membuang jauh-jauh kenangan bersama mantan. Menangis setiap harinya, mendengarkan lagu sendu, dan selalu menyangkut pautkan suatu peristiwa dengan sang mantan. Ada juga yang memasukkannya ke dalam resolusi 2019!

Akibat suasana hati yang selalu murung ini, tak jarang seseorang menjadi sosok yang sangat sensitif dan tidak produktif. Tentu saja ini menghambat semua aktivitas yang biasanya dilakukan. Sebenarnya perlu ‘nggak sih melupakan sosok mantan?

Menurut Sri Juwita Kusumawardhani, M Psi, psikolog Tiga Generasi, sebenarnya kita tidak akan pernah bisa melupakan mantan.


“Meski tak bisa dilupakan, kita bisa merelakan, mengikhlaskan, dan melanjutkan hidup meski tanpa mantan. Jadi fokusnya bukan melupakan ya,” jelas wanita yang akrab disapa Wita ini saat diwawancarai detikHealth, Jumat (27/12/2018).

Hal serupa pun dikatakan psikolog klinis, Personal Growth, Kantiana Taslim M Psi, kepada detikHealth, bahwa mantan merupakan sosok yang pernah menjadi bagian dari hidup kita, menjadi bagian dari pengalaman hidup kita.

“Bahkan mantan juga memiliki pengaruh dalam proses pengembangan diri kita. Pengalaman hidup dan orang-orang yang signifikan, pernah menjadi bagian dari hidup kita tentunya menetap dalam ingatan. Yang dapat dilakukan adalah menjalani dan menerima proses yang ada serta move on,” pungkas wanita yang akrab disapa Nana.

(up/up)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-29 08:00:31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *