Samsung Kenalkan Neon, Asisten Pintar Canggih Semacam Manusia Digital


JawaPos.com – Samsung kembali menghadirkan produk berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam hal ini asisten pintar. Raksasa teknologi Korea Selatan (Korsel) itu sebelumnya sudah memiliki asisten digital Bixby yang ditenagai AI dan diungkap pertama pada 2017 lalu.

Boxby dari Samsung pertama kali diadopsi smartphone Galaxy S8. Bixby kemudian hadir pada perangkat Samsung lainnya, seperti wearable hingga peralatan rumah tangga.

Lebih dari dua tahun kemudian, Samsung dikabarkan sedang mempersiapkan asisten pintar terbarunya yang juga berbasis AI. Asisten pintar yang disiapkannya kali ini bernama Neon.

Di laman resminya, sebagaimana dilansir JawaPos.com pada Senin (30/12), perusahaan siap meluncurkan produk asisten pintar terbaru bertenaga AI yang dijuluki Neon pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2020. CES 2020 diketahui akan dihelat awal Januari 2020 mendatang.

Neon dikembangkan oleh Samsung Technology dan Advanced Research Lab (STAR ​​Labs), dengan Pranav Mistry di pucuk pimpinan sebagai Presiden dan CEO unit tersebut. Mistry terkenal karena karyanya tentang SixthSense dan Galaxy Gear serta sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden global di Samsung.

Detail mengenai Neon masih belum terungkap hingga saat ini. Banyak pula yang mengduga bahwa Neon merupakan versi lanjutan dari Bixby. Namun, perusahaan mengklarifikasi bahwa Neon bukanlah Bixby.

Di laman resminya, Neon tampaknya akan menjadi ‘manusia digital’ bertenaga AI yang akan mereplikasi emosi dan kecerdasan pengguna sebagai manusia sejati. Perusahaan juga membuat posting-an Facebook dan Twitter yang mengatakan bahwa Neon adalah manusia buatan atau artificial human.

Pada titik ini, sulit untuk mengatakan apa sebenarnya Neon itu. Di Twitter, Samsung juga memberikan isyarat bahwa Neon akan dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa berbeda, termasuk bahasa Inggris.

Sementara gelaran CES 2020 akan dihelat kurang dari 10 hari lagi dari sekarang. Diharapkan, Samsung akan mengungkapkan lebih banyak informasi tentang Neon pada hari-hari menjelang pembukaan resminya. Kita nantikan saja.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *