Seharga Mobil Mewah, Ini Keunggulan Aprilia Shiver 900 Terbaru


JawaPos.com – PT Piaggio Indonesia meluncurkan motor gede (moge) teranyar yakni Aprilia Shiver 900. Motor tersebut sebagai moge beraliran modern naked bike. Sebagai moge terbaru, sepeda motor premium itu dikatakan hadir dengan banyak keunggulan.

Terkait keunggulan Aprilia Shiver 900, Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia mengatakan, model anyar ini membawa banyak ubahan jika dibandingkan dengan model sebelumnya. “Aprilia Shiver 900 walaupun kelihatannya bongsor, sangat ramah bagi pengguna moge pemula,” ujarnya di media sharing session Aprilia Shiver 900 di Jakarta, Jumat (11/10).

Aprilia Shiver 900 ditawarkan dengan harga tembus lebih dari setengah miliar rupiah atau setara dengan mobil mewah. Urusan kantong, angka tepatnya ditawarkan dengan harga Rp 560.000.000 (on the road Jakarta).

Dengan banderol harga yang wah, berikut keunggulan Aprilia Shiver 900 yang disebut pihak Piaggio Indonesia bakal memikat pencinta moge di tanah air.

Mesin Anyar 900 CC

Aprilia Shiver 900 menggendong mesin 900 cc (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dimulai dari sektor mesin, pihak Piaggio Indonesia menyebut Aprilia Shiver 900 lahir dengan mesin anyar terbaru. Untuk kubikasinya sendiri, moge ini membawa konfigurasi mesin V-Twin 90 derajat 900 CC.

Fitur anyar pada sektor mesin terletak pada stroke-nya yang kini dibuat lebih panjang. Dengan hal tersebut, daya kuda pada motor ini disebut meningkat cukup signifikan jika dibandingkan dengan model sebelumnya namun tetap memiliki suara yang halus.

Bicara kemampuan, moge ini disebut dapat berakselerasi cepat karena torsi mid-range sebesar 90 Nm pada 6.500 rpm. Dengan kombinasi mesin tersebut, moge ini dapat menyemburkan tenaga sebesar 95 horse power.

Pada mesinnya, ada jarak sudut 90 derajat pada peletakkan kedua silinder berbentuk V-Twin yang masing-masing dengan empat valve timing, dual noken as dan berbalut sistem pendingin cairan. Mesin baru juga disebut lebih minim gesekan pada piston sehingga dapat menghasilkan performa yang lebih halus.

Chasis Lebih Ringan

Chasis Aprilia Shiver 900 lebih ringan (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Keunggulan kedua, seperti sudah disinggung di atas soal moge ini yang ramah terhadap rider moge pemula adalah karena chasis yang lebih ringan. Pihak Piaggio Indonesia menyebut, pengembangan serius telah dilakukan demi membuat chasis seringan mungkin namun tetap kokoh.

Chasis dari Aprilia Shiver 900 sendiri dikatakan mengadopsi arsitektur modern dengan kombinasi rangka tubular baja dengan kombinasi plat alumunium. Kombinasi kerangka tersebut diklaim mampu memberikan rigiditas sempurna pada Aprilia Shiver 900 sembari bobotnya dapat dikurangi.

Seperti bisa dilihat pada gambar, Aprilia Shiver 900 yang mengusung desain naked bike tampil gagah dengan sektor kaki-kaki yang tampak kekar. Suspensi depan dapat disetel sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan profil pengendara.

Selain suspensi bagian depan, motor ini di bagian belakang juga dilengkapi dengan shock absorber atau peredam kejut yang bersumbu langsung ke swingarm untuk meningkatkan kemampuan suspensi. Tak hanya itu, shock breaker belakang yang menyembul keluar juga menyiratkan kesan gahar pada motor ini.

Motor yang kini lebih ringan, selain dari sektor chasis juga bisa dicapai karena velg yang dikurangi bobotnya. Pengurangan bobot pada velg 3-spoke yang jika dibandingkan dengan model sebelumnya, velgnya lebih ringan sekitar 1,5 Kg.

Fitur Canggih

Aprilia Shiver 900 disematkan sejumlah fitur canggih (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Selain mesin, bobot yang lebih ringan, motor ini kini juga unggul dengan sematan beberapa fitur canggih di dalamnya. Fitur tersebut berfungsi untuk menunjang performa dan juga kenyamanan berkendara para rider dengan sistem yang terkoneksi.

Model anyar Aprilia Shiver 900 hadir dengan fitur ride by wire dengan kemampuan tiga mapping mesin. Kendali pedal gas bisa di atur dalam tiga mode berkendara misalnya saat hujan dengan mode ‘Rain’, menempuh perjalanan jauh dengan mode ‘Touring’ dan berakselerasi cepat dengan mode ‘Sport’.

Selain itu, kontrol traksi atau traction control juga hadir mengimbangi performa buas sepeda motor ini. Traction control mungkin dimatikan jika rider menginginkan sensasi berkendara yang ‘liar’. Namun untuk alasan keselamatan, fitur akan menyala secara otomatis jika kunci kontak di off dan di nyalakan kembali.

Fitur canggih lain yang ada pada motor ini adalah pada sisi instrument cluster yang dilengkapi dengan layar TFT full-colour berukuran 4,3 inci. Layar tersebut selain sebagai fungsi kontrol kecepatan dan instrumen kemudi standar juga dapat mengakomodir pengendara dengan sistem navigasi, rev counter, speedometer, temperatur pendingin, temperatur udara, serta jam.

Selain itu, melalui sistem konektivitas Aprilia MIA via V4-MP, rider juga dimudahkan untuk melihat informasi perjalanan seperti konsumsi bahan bakar, rute dan kecepatan, serta kondisi grip. Semua informasi ini dapat terbaca lebih baik berkat sensor cahaya yang mampu mendeteksi kondisi pencahayaan, kemudian menyesuaikan dengan keterangan latar layar dan warna tulisan.

Sistem bernama Aprilia Multimedia Platform (AMP) juga hadir untuk memudahkan pengguna untuk dapat terkoneksi ke smartphone. Dengan hal tersebut, pengendara dengan pembonceng bisa terhubung dan dapat berbicara satu sama lain lewat smartphone yang terhubung.

Sebagai informasi, Aprilia memulai debutnya sebagai pabrik sepeda pada tahun 1945 silam. Pada tahun 2004 Aprilia menjadi bagian dari Piaggio Group hingga saat ini bergabung dengan pabrikan Italia lainnya seperti Moto Guzzi.

Aprilia Shiver 900 saat ini yang bertajuk ‘Ready for Fun’ memulai debutnya pada 2007 dengan CC awal 750. Sementara Aprilia Shiver 900 sendiri perdana dikenalkan pada 2017. Naked modern sport ini sekaligus menjadi yang pertama dikembangkan setelah Aprilia join dengan Piaggio Group.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *