Sering Tendang Pasangan Saat Tidur Bisa Jadi Tanda Gangguan Kesehatan



Jakarta – Pernahkah kamu mengalami pasanganmu mengeluh di pagi hari karena saat tidur kamu menendangnya atau mendorong mereka keluar dari tempat tidur? Jika ya, maka bisa jadi kamu mengidap suatu kondisi langka yang disebut REM sleep behaviour disorder atau gangguan perilaku tidur REM.

Kondisi ini menjelaskan seseorang yang bersikap kasar atau agresif saat tidur, seperti menendang, memukul, berteriak atau mendorong-dorong. Diperkirakan sekitar 1,7 hingga 2 persen dari populasi di seluruh dunia mengalami kondisi ini.

Dikutip dari Metro, para ahli menduga kondisi ini terjadi saat orang berada dalam fase tidur REM (rapid eye movement) dan orang yang memiliki kondisi tersebut seakan memerankan mimpi mereka. Sebuah riset baru menganalisa data dari 30 ribu orang dan menemukan faktor-faktor risiko potensial.


Penelitian yang dilakukan oleh McGill University mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki gangguan perilaku tidur REM kemungkinan besar mengidap post-traumatic stress disorder (PTSD) atau gangguan mental seperti depresi atau kecemasan.

Selain itu bisa juga karena konsumsi obat-obatan atau konsumsi alkohol yang berlebihan. Biasanya gangguan tidur ini lebih sering dialami orang paruh baya dan lanjut usia dan lebih umum terjadi pada pria ketimbang wanita.

“Walau mungkin hal ini seperti gangguan kecil, REM sleep behaviour disorder bisa berbahaya untuk dirimu dan siapapun yang sedang tidur bersamamu. Dan itu juga bisa menjadi gejala dari kondisi tak terdiagnosis lainnya. Konsultasikan kepada dokter jika kamu mengalami masalah tidur,” tulis situs tersebut.

(frp/up)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-29 07:00:59

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *