Sikat Unggulan 1-4 asal India dan Thailand, Tunggal Indonesia ke Final


JawaPos.com-Tingginya ”hanya’ 161 centimeter. Ini membuat Alwi Farhan, peserta terpendek di nomor tunggal putra Kejuaraan Bulu Tangkis Asia U-15.

Namun, siapa sangka, Alwi menjadi tumpuan Indonesia untuk menjadi juara dalam ajang yang bebarengan dengan Kejuaraan Asia U-17 tersebut. Pebulu tangkis asli Solo, Jawa Tengah, tersebut mampu lolos ke babak final. Tiket itu diperolehnya usai mengalahkan Wongsup Wongsup-In dari Thailand dengan dua game langsung 21-18, 21-16.

Ketika di lapangan, perbedaan tinggi keduanya sangat terlihat. Lawannya yang merupakan unggulan keempat tersebut mempunyai tinggai lebih dari 180 sentimeter.

”Saya sangat senang bisa lolos ke final. Semangat di lapangan mampu menutupi kelemahan yang saya punya,” kata Alwi usai pertandingan.

Di game pertama, Alwi, yang dididik di klub PB Exist, Jakarta, itu, sempat mengalami kesulitan. Wongsup, mengandalkan permainan panjang. Untung, di pertengahan game kedua, pelatih Alwi, Alex Chandra mengubah strategi.

”Saya bilang ke Alwi untuk lebih banyak main ke depan. Strategi ini membuahkan hasil,” ungkap Chandra, sapaan karibnya.

Namun, permainan Alwi sempat kacau. Gara-garanya sikapnya yang dianggap tak sportif dengan mengejek lawan membuatnya mendapat kartu merah atau poinnya dikurangi dan diberikan lawan saat kedudukan 16-10. Akibatnya, skor berubah menjadi 15-11.

”Ini menjadi catatan bagi Alwi dan pelatihnya. Kalau diulangi lagi, pengadil akan memberikan kartu hitam dan pertandingan dihentikan serta kemenangan buat lawan,” ucap Sekjen PP PBSI Ahmad Budiharto yang menyaksikan di belakang lapangan pertandingan.

Di babak final, Alwi akan menghadapi pemain Taiwan Ma-Cheng Yi. Di semifinal, dia menundukkan Low Han Chen (Malaysia) 21-13, 21-19.

Perjalanan Alwi ini memang luar biasa. Sebelum mengempaskan Wongsup-In, dia menundukkan unggulan pertama asal India Tanmoy Bikash Boruah di perempat final. Alwi menang, 21-13, 21-12 hanya dalam tempo 34 menit saja.

Selain Alwi, atlet Indonesia yang memastikan lolos ke final antara lain Muhammad Rayhan/Marwan Faza (U-17), Jonathan Farrel/Adrian Pratama (ganda putra U-15), Rahmat Hidayat/Febi Setianingrum (ganda campuran U-17), serta Ester Nurumi (tunggal putri U-15).





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *