Tanpa Sadar Suka ‘Main Kaki’ Saat Tidur? Waspadai Risiko Cepat Pikun



Jakarta – Kebiasaan menendang atau melakukan hal-hal kekerasaan saat tertidur yang disertai dengan mimpi berbau kekerasan juga adalah tanda dari REM Behavior Disorder (RBD). Ketika kamu mencurigai adanya masalah ini pada dirimu, jangan sungkan untuk berkunjung ke dokter untuk menjalani pengobatan. Sebab masalah ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja.

“REM Behavior Disorder terjadi saat mimpi, beda dengan sleep walking yang terjadi saat tidur dalam. Bahayanya? Bisa mengarah pada penurunan fungsi syaraf seperti Parkinson’s disease, Alzheimer’s disease, atau dementia,” tulis dr Andreas Prasadja, RPSGT, dari RS Mitra Kemayoran, melalui akun Twitternya.

Dihubungi detikHealth melalui pesan singkat, dokter yang akrab disapa dr Ade ini menjelaskan bahwa korelasi persis dari RBD dan penyakit-penyakit penurunan fungsi syaraf ini belum bisa dipastikan. Akan tetapi sebanyak 60 persen pengidap Parkinson’s disease mengalami RBD dan 80 persen lebih pengidap demensia dengan atrofi multisistem pun memiliki RBD.


“Kesamaan dari semua penyakit ini adalah adanya gangguan pada area subcortical dan batang otak. Area ini bertanggung jawab melumpuhkan tubuh saat tidur R. JAMA Neurology tahun 2015, nyatakan bahwa RBD bisa jadi petanda akan munculnya penyakit-penyakit syaraf degeneratif,” tambahnya.

Untuk angka pasti dari pengidap RBD di Indonesia atau secara global, dr Ade mengaku belum mengetahui secara pasti. Akan tetapi ternyata pengidapnya cukup banyak namun seringkali tidak disadari.

“Banyak, sayang orang tak perhatikan. Tak anggap ini gejala penting. Angka persis saya tak hapal,” tandasnya.

(ask/up)



Link sumber berita

Penulis :

Tanggal posting : 2018-12-30 23:55:15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *