The Nigerian Nightmare Siap Hadirkan Mimpi Buruk di Tarung Juara Dunia


JawaPos.com – Duel Kamaru Usman melawan Jorge Masvidal di UFC 251 pagi ini diprediksi berlangsung panas. Usman yang berstatus juara bertahan kelas welter lebih diunggulkan memenangi pertarungan perdana yang digelar di venue spesial, Yas Island, Abu Dhabi, tersebut.

Namun, Masvidal bakal sangat menyulitkan dia (siaran langsung Fox Sports mulai pukul 09.00 WIB).

Sebagai juara bertahan, Usman punya beban lebih berat untuk mempertahankan sabuk juara. Di sisi lain, Masvidal datang dengan jauh lebih tenang. Petarung berewok itu sama sekali tanpa beban.

Padahal, fighter asal Amerika Serikat (AS) berdarah Kuba tersebut baru mendapat kepastian menjadi lawan Usman enam hari lalu. Fakta itu sama sekali tidak membuatnya pusing.

Ini menjadi semacam iseng-iseng berhadiah untuk Masvidal. Jika menang, ini jelas menjadi prestasi besar untuknya. Dia akhirnya menyandang gelar juara kelas welter setelah tujuh tahun berkiprah di UFC. Tapi, jika gagal, dia punya alasan kuat karena tidak memiliki persiapan panjang untuk menghadapi Usman.

Sebagaimana diketahui, Masvidal baru terpilih sebagai lawan Usman sepekan lalu. Penantang sebelumnya, Gilbert Burns, terinfeksi Covid-19.

Masvidal memang awalnya diset menghadapi Usman di UFC 251. Tapi, dia mundur karena bayaran yang ditawarkan terlalu kecil. Burns dipasang untuk menggantikannya.

Ketika Burns gagal bertanding, UFC kembali mendekati dia. Kali ini Masvidal setuju. Sebab, dia mendapatkan kontrak baru yang mendekati jumlah yang dituntutnya.

Teman sparing Masvidal, Dustin Poirier, mengungkapkan, Masvidal terus berlatih meski sempat dicoret dari daftar penantang Usman. ’’Dia adalah pegulat terbaik di dunia,’’ kata Poirier dalam podcast The Fight with Teddy Atlas.

’’Pria itu tidak berhenti berlatih walaupun rencana pertarungan dengan Usman gagal dan mereka memberikannya kepada Burns. Seharusnya training camp berakhir, tapi Jorge tetap di gym setiap hari, seperti ada pertarungan,’’ papar Poirier.

Usman jelas tidak diuntungkan. Dalam beberapa bulan terakhir, dia mempersiapkan diri melawan Burns yang punya gaya tarung gulat. Kini tiba-tiba dia harus menghadapi petarung bergaya kick boxer semacam Masvidal.

Petarung asal Nigeria itu mengakui membuat pertaruhan besar saat menyetujui tawaran UFC ganti lawan dengan Masvidal. Jika takluk di tangan petarung berjuluk The Gamebred tersebut, bisa-bisa karirnya di kelas welter langsung tamat. ’’Aku sebenarnya bisa saja menolak, tapi aku tidak mau. Inilah yang dilakukan seorang juara sejati,’’ tegasnya.

Tidak ada sesi timbang badan dalam event kali ini. Perang urat saraf pun berjalan di media sosial. Masvidal sempat menyindir Usman sebagai anak emas Presiden UFC Dana White. Dia juga menyebut sang lawan –yang dijuluki The Nigerian Nightmare alias Si Mimpi Buruk dari Nigeria– punya mentalitas yang payah.

Usman, setelah meladeni sindiran Masvidal di Twitter, balik memuji sang lawan saat media day. Dia menyebut Masvidal sebagai lawan paling tangguh yang akan dihadapi.

’’Lawan-lawanku sebelumnya menyebutku bakal diangkut brankar. Masvidal juga begitu. Dia bilang akan meninggalkanku di kubangan darahku sendiri sehingga mereka harus menanduku keluar oktagon,’’ kata Usman sebagaimana dilansir ESPN.

’’Lawanku sebelumnya, Tyron Woodley, bilang, kalau main gulat, dia bakal menendang bokongku. Kalau adu jiujitsu, dia akan mematahkan lenganku. Kalau saling serang, dia akan meng-KO aku. Dan kita tahu sendiri apa yang terjadi,’’ sumbar Usman.

’’Mereka bilang begitu hanya untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Tapi, begitu masuk oktagon, impian mereka menjadi juara dengan cepat bakal berubah menjadi mimpi buruk,’’ imbuhnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »